Text
Perbaikan Nilai Torsi Maksimal Dengan Penambahan Sulfur Dan Accelerator Pada Kompon Ban-Dalam Sepeda Motor Di PT. Saranajaya Serbaguna Malang Jawa Timur
Tujuan penulisan tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui penyebab terjadinya nilai torsi maksimal atau MH yang tidak sesuai dengan standar mutu pada pengujian rheologi pada kompon ban dalam sepeda motor serta mengusulkan upaya perbaikan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki permasalahan pada kompon. . Permasalahan yang di hadapi yaitu kompon memiliki nilai torsi yang rendah dibawah standar mutu yang di terapkan, menyebabkan kompon memiliki nilai kekerasan yang rendah. Nilai torsi maksimum yang tidak sesuai standar mutu memiliki presentase 43,48% dari total permasalahan yang terjadi pada kompon di dalam perusahaan. Nilai torsi yang rendah disebabkan oleh kurangnya jumlah ikatan silang yang mengindikasikan bahwa adanya vulkanisasi yang tidak bekerja secara optimal yang dimungkinkan karena kekurangan bahan pemvulkanisasi (sulfur) dan bahan pencepat. Upaya yang dilakukan untuk mencegah hal tersebut yaitu dengan menambahkan sulfur dan bahan pencepat golongan non-sulfenamida dengan jumlah optimum agar tidak mengakibatkan waktu vulkanisasi yang bertambah.
Kata kunci : Kompon, torsi maksimal, dan vulkanisasi.
317001856 | 56 TPKP 2020 c.1 | Ruang Karya Ilmiah | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain