Text
Metode 8D Report untuk Mengatasi Masalah Komplain Produk Return di PT Pangestu Jaya Makmur Surakarta, Jawa Tengah
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengatasi masalah komplain kualitas produk kantong plastik return beserta melakukan tindakan pencegahan terhadap masalah tersebut. Pemecahan masalah menggunakan metode 8D report yang berisi pembentukan tim, pendefinisian masalah, menerapkan tindakan kontainmen, analisis penyebab akar masalah, menetapkan tindakan perbaikan, menerapkan tindakan perbaikan, melakukan tindakan pencegahan, dan memberikan penghargaan kepada tim. Metode 8D report mempunyai langkah–langkah dari analisis permasalahan hingga tindakan pencegahan, pada langkah analisis penulis menggunakan alat berupa diagram fishbone untuk mengetahui kemungkinan penyebab terjadinya masalah dari faktor manusia, mesin, bahan, dan metode. Ditemukan penyebab utama komplain berupa cacat getas disebabkan oleh komposisi pelet daur ulang yang terlalu banyak, lalu dilakukan pengurangan komposisi bahan pelet daur ulang tersebut dikarenakan pelet tersebut merupakan bahan daur ulang yang sudah pernah dipanaskan dan sudah pernah tercampur bahan pengisi sehingga memiliki daya plastis yang kurang. Setelah itu dilakukan trial untuk mengetahui hasil campuran baru ketika bahan tersebut dikurangi kemudian melakukan usulan pembuatan SOP penyelesaian produk return. Metode 8D report yang penulis gunakan dapat digunakan untuk mengatasi dan menentukan tindakan pencegahan berupa SOP penggantian bahan, dan SOP penyeleksian produk untuk mencegah terjadinya komplain kualitas produk return.
Kata kunci: Produk Return, 8D Report, Komplain, SOP.
317001743 | 17 TPKP 2020 c.1 | Ruang Karya Ilmiah | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain