Image of Analisis cacat produk pada botol 1 Liter HF berbahan Polyethylene Terephtalate (PET) dengan metode Statistical Quality Control (SQC) di CV. Jordan Semarang Jawa Tengah.

Text

Analisis cacat produk pada botol 1 Liter HF berbahan Polyethylene Terephtalate (PET) dengan metode Statistical Quality Control (SQC) di CV. Jordan Semarang Jawa Tengah.


Cacat produk pada botol PET di CV. Jordan masih banyak terjadi produk reject sehingga menyebabkan keluhan dari pelanggan. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor penyebab serta usulan upaya perbaikan dalam mencegah terjadinya cacat pada produk PET. Metode analisis pengendalian kualitas yang digunakan adalah Statistical Quality Control (SQC) dengan alat-alat berupa lembar periksa, histogram, peta kendali , diagram pareto dan diagram sebab akibat. Pada analisis peta kendali menunjukkan bahwa proses masih dalam keadaan tidak terkendali atau out of control. Kemudian pada diagram pareto dilakukan prioritas perbaikan yang masuk kedalam kelas cacat mayor yaitu cacat semu putih dengan persentase 40,23% dan cacat body menggumpal dengan persentase 25,09%. Faktor penyebab cacat produk dipengaruhi oleh faktor manusia, metode, mesin, dan lingkungan. Tindakan perbaikan yang diusulkan penulis untuk mengurangi cacat produk yang terjadi yaitu dengan menambah waktu pelatihan kembali pada selector untuk pemahaman jenis cacat, menstabilkan suhu panas pada oven dan temperature pada mesin, memisahkan proses sortir dan packing yang terakhir menambah alat ukur suhu pada ruangan dan menambah fasilitas seperti lampu, kipas angin dan AC.
Kata kunci : Pengendalian Kualitas, Statistical Quality Control, Cacat produk.


Ketersediaan
TATPKP22000097752 TPKP 2022 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
52 TPKP 2022 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi, 58 halaman., 30 cm +CD. Bibliografi hal 46-47
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
621.984 07 Eri a
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPKP
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar