Image of Perbaikan Proses Netralisasi untuk Meningkatkan Penetrasi Cat pada Proses Dyeing Artikel Crust Nappa Upper di UD.ROHMAT, Magetan, Jawa Timur.

Text

Perbaikan Proses Netralisasi untuk Meningkatkan Penetrasi Cat pada Proses Dyeing Artikel Crust Nappa Upper di UD.ROHMAT, Magetan, Jawa Timur.


Permasalahan yang ditemukan dalam kegiatan magang adalah pada proses netralisasi yang mempengaruhi tingkat penetrasi cat (dyestuff) yang rendah pada kulit crust nappa upper. Pelaksanaan Tugas Akhir bertujuan untuk mengidentifikasi proses netralisasi yang mempengaruhi tingkat penetrasi cat (dyestuff)pada kulit sapi wet blue artikel nappa upper serta mempelajari pengaruh penambahan TMOL DN sebanyak 1,5% terhadap tingkat penetrasi cat (dyestuff) pada kulit sapi wet blue artikel nappa upper di UD. Rohmat, Magetan, Jawa Timur. Cara untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan melakukan perbaikan proses netralisasi dengan penambahan TMOL DN bahan dispersing agent yang membantu penetrasi dan distribusi bahan kimia pada proses dyeing. Bahan baku yang digunakan yaitu kulit wet blue sapi sebanyak satu side. Tahap perbaikan proses netralisasi dilakukan mulai dari proses sortasi dan grading, wetting back, retanning I, netralisasi, retanning II, pre-fatliquoring, dyeing, fatliquoring, fiksasi ringan, top dyeing, fiksasi, dan top-fatliquoring. Perbaikan dilakukan pada tahap netralisasi dengan penambahan TMOL DN sebanyak 1,5%. Hasil yang diperoleh dengan penambahan TMOL DN pada proses netralisasi membutuhkan waktu penetrasi 1 jam terlihat dan dari pengamatan kontrol proses netralisasi menunjukkan pH 5,5 dan berdasarkan pengamatan dari dua orang teknisi proses basah pada kontrol proses dyeing penampang kulit sudah tidak terlihat garis putih dan cat tembus dengan sempurna .
Kata kunci : kulit crust, Netralisasi ,TMOL DN


Ketersediaan
TATPK2200125541 TPK 2022 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
41 TPK 2022 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 76 halaman., 30 cm +CD. Bibliografi hal 64-65
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
667.250 72 Set p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar