Image of Pemanfaatan Limbah Karet Padat Di Pt. Sekar Wangi Group Sebagai Filler Pada Paving Block Berbasis Plastik Jenis Low Density Polyethylene (LDPE)

Text

Pemanfaatan Limbah Karet Padat Di Pt. Sekar Wangi Group Sebagai Filler Pada Paving Block Berbasis Plastik Jenis Low Density Polyethylene (LDPE)


Limbah karet padat akan menjadi masalah yang cukup serius dan rumit karena limbah karet padat sangat sulit diuraikan oleh lingkungan dan sangat tahan terhadap serangan kimia. Pemusnahan limbah karet padat dengan cara dibakar merupakan tindakan penanganan yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah karet padat sebagai filler pada proses pembuatan paving block sehingga diketahui kualitasnya berdasarkan pada SNI 03 - 0691 - 1996 tentang Bata Beton (Paving Block). Bahan-bahan yang digunakan antara lain sampah plastik LDPE, pasir, dan serbuk limbah karet padat. Komposisi bahan pada pembuatan paving block tersebut digunakan perbandingan antara matriks dengan filler yaitu 30% : 70% dan komposisi subtitusi serbuk limbah karet padat 0%, 5%, dan 10% dari jumlah pasir. Tahapan proses pembuatan paving block meliputi persiapan alat dan bahan, penimbangan bahan, pelelehan plastik, pencampuran seluruh bahan, pencetakan, dan pengujian kualitas paving block. Pengujian kualitas paving block yang dilakukan meliputi sifat tampak dan sifat fisika. Sifat fisika meliputi, densitas, kuat tekan, ketahanan aus, dan penyerapan air. Kualitas paving block cenderung berkurang seiring penambahan serbuk limbah karet padat. Kualitas paving block masih memenuhi syarat mutu SNI 03-0691-1996 terutama untuk peralatan parkir. Kualitas paving block terbaik terjadi pada komposisi serbuk limbah karet padat 5% dengan nilai kuat tekan sebesar 29,37 MPa, nilai ketahanan aus sebesar 0,130 mm/menit, sedangkan uji penyerapan air terbaik terjadi pada komposisi serbuk limbah karet padat 10% dengan nilai sebesar 6,08%.


Kata Kunci: Paving Block, Plastik LDPE, Serbuk Limbah Karet Padat, Kualitas.


Ketersediaan
TATPKP22000092702 TPKP 2022 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
02 TPPK 2022 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xiii, 81 hlm., 30 cm +CD. Bibl hal 61-64
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
628.740 72 Rik p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPKP
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar