Image of Pengaruh Penambahan Effluent Digester Aktif Sebagai Starter Pada Pembuatan Biogas Dari Limbah BHO Penyamakan Kulit

Text

Pengaruh Penambahan Effluent Digester Aktif Sebagai Starter Pada Pembuatan Biogas Dari Limbah BHO Penyamakan Kulit


Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah cair BHO penyamakan kulit untuk dibuat biogas dan mengkaji pengaruh effluent digester aktif pada pembuatan biogas secara co- digestion limbah cair BHO dan kotoran sapi.
Percobaan diawali dengan analisis karakter limbah cair BHO penyamakan kulit. dilakukan secara batch dalam digester biogas anaerob. Percobaan dimulai dengan memasukkan bahan baku limbah cair BHO, kotoran sapi, dan effluent digester aktif dengan perbandingan D1 4:2:0; D2 2:2:2; D3 4:0:2; D4 6:0:0. Alat dirangkai dan proses dijalankan. Selama proses dicatat volume gas yang dihasilkan setiap hari. Pada waktu tertentu diambil sampel gas secara berkala untuk dilakukan analisis kadar metana dengan kromatografi gas.
Hasil analisis limbah cair BHO menunjukkan kadar BOD dan COD yang tinggi yaitu

3265 mg/L dan 11231,2 mg/L. Hasil pembuatan biogas menunjukkan gas terbentuk pada digester 1, 2, dan 3. Pada digester 1 dan 2 dilakukan secara co-digestion dengan tanpa dan ada starter. Hasil menunjukkan digester 1 tanpa starter produksi gas banyak diawal dan kemudian menurun. Pada digester 3 dibuat dengan penambahan starter dan kotoran sapi menunjukkan produksi gas terbentuk pada hari ke-8 dengan tekanan konstan sampai hari ke-15 dan masih berproduksi. Pada digester limbah cair BHO saja tidak terbentuk gas.


Kata kunci: biogas, anaerobik, limbah cair BHO, effluent digester aktif, co-digestion


Ketersediaan
317002529035 PD 2019 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
035 PD 2019 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
19 hlm., 30 cm + pdf
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar