Image of Penambahan Crosslinker Pada Proses Finishing Untuk Perbaikan Ketahanan Gosok Cat Tutup Kulit Goat Lining Di Cv Cisarua, Cianjur, Jawa Barat.

Text

Penambahan Crosslinker Pada Proses Finishing Untuk Perbaikan Ketahanan Gosok Cat Tutup Kulit Goat Lining Di Cv Cisarua, Cianjur, Jawa Barat.


Kegiatan pelaksanaan tugas akhir dilakukan di CV Cisarua, Cianjur, Jawa Barat. Tujuan tugas akhir ini adalah mempelajari pengaruh penggunaan crosslinker (polyaziridine) untuk meningkatkan ketahanan gosok cat tutup pada artikel goat lining. Bahan baku yang digunakan yaitu 1 lembar kulit crust kualitas A dengan tebal 0,9 mm, luas kulit 5 sqft, bentuk simetris, dan softness 4,5 mm. Bahan pembantu yang digunakan dalam pemecahan masalah berupa crosslinker Aqualen Aku. Metode yang digunakan dalam pembuatan tugas akhir meliputi observasi, interview, dan praktek kerja langsung. Tahapan proses yang dilakukan terdiri dari tahap persiapan, proses finishing dan pengujian ketahanan gosok kulit. Perbaikan ketahanan gosok cat tutup pada proses finishing dilakukan melalui penambahan crosslinker pada lapisan top coat sebanyak 10 gr/kg. Pengujian ketahanan gosok cat tutup kulit goat lining dilakukan di laboratorium CV Cisarua. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penambahan crosslinker tidak berpengaruh terhadap perubahan nilai pada ketahanan gosok kering (4-5). Namun, pada ketahanan gosok basah terjadi perubahan nilai dari 1 menjadi 4-5. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan gosok cat tutup adalah lapisan top coat yang kurang kuat, kurangnya penggunaan binder, dan terlalu banyak penggunaan plasticizer. Penambahan crosslinker sebanyak 10 gr/kg dapat meningkatkan hasil uji ketahanan gosok cat tutup basah. Berdasarkan hasil uji ketahanan gosok cat tutup kulit goat lining memenuhi nilai standar adidas (4-5).
Finishing, ketahanan gosok, crosslinker


Ketersediaan
31700145444 TPK 2019 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
44 TPK 2019 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 81 hlm., ilus., 30 cm. bibli hal 70
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
44 TPK 2019 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar