Image of Kajian Kondisi Penyimpanan (Storage) Kulit Finish Untuk Menjaga Kualitas Kulit Artikel Cabretta Pearl White Di Jogja Kurnia Leather, Yogyakarta.

Text

Kajian Kondisi Penyimpanan (Storage) Kulit Finish Untuk Menjaga Kualitas Kulit Artikel Cabretta Pearl White Di Jogja Kurnia Leather, Yogyakarta.


Penyimpanan kulit finish merupakan satu hal penting dalam industri penyamakan kulit. Sehingga karya akhir ini bertujuan mengkaji penyimpanan yang baik guna menjaga kualitas kulit Cabretta Pearl White artikel sarung tangan di Jogja Kurnia Leather. Permasalahan utama yang ada di Jogja Kurnia Leather yaitu kondisi kulit cabretta pearl white yang disimpan dalam waktu yang lama, berminggu minggu hingga beberapa bulan dan sudah mengalami penurunan kualitas seperti kulit berjamur, dan kulit sudah mulai mengering karena penyimpanan yang dilakukan kurang sesuai dengan standar internasional, karena dibiarkan didalam ruangan tertutup serta tidak di perhatikan secara khusus seperti penggunaan AC dan pemberian desinfektan. Sehingga penulis melakukan pengamatan dan inovasi, yaitu tanpa perlakuan apapun, dengan satu lampu putih 42 watt, dua lampu putih 42+45 watt, lampu bohlam kuning 40 watt, lampu bohlam kuning 60 watt dan pendingin udara atau AC untuk mendapatkan penyimpanan yang ideal. Inovasi yang dilakukan dengan menggunakan lampu putih hanya berpengaruh kecil terhadap suhu ruangan penyimpanan dan kelembaban relatif ruangan penyimpanan tersebut, sedangkan lampu kuning lebih berpengaruh terhadap kenaikan suhu dan penurunan kelembaban ruangan tersebut tetapi keduanya belum bisa mencapai standar yang ditetapkan. Pada inovasi penggunaan AC atau pendingin udara menghasilkan suhu ruangan penyimpanan dan kelembaban relatif ruangan penyimpanan yang terbaik, karena penguunaan AC atau pendingin udara dapat mendekati standar yang di tetapkan yaitu suhu ruangan penyimpanan 14,4-22,6 oC dan kelembaban relatif ruangan penyimpanan 41-62%. Hasil yang didapatkan untuk penyimpanan yang baik adalah menggunakan AC 1 pk dengan suhu 17 oC untuk ruangan 3x3 meter, suhu ruangan penyimpanan yang didapatkan 26,9-28 oC dan kelembaban relatif 51-77 %. Jika di bandingkan dengan rata-rata standar internasional yaitu suhu ruangan penyimpanan 14,4-22,6 oC dan kelembaban relatif 41-62 % maka dapat mendekati standart internasional yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : Penyimpanan, kulit cabretta pearl white, suhu, kelembaban relatif.


Ketersediaan
31700144838 TPK 2019 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
38 TPK 2019 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 58 hlm., ilus., 30 cm. bibli hal 38
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
38 TPK 2019 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar