No image available for this title

Text

Rupa Dasar (Nirmana)


Rupa dasar atau nirmana menjadi dasar pokok keilmuan seni rupa karena didalamnya mencakup prinsip-prinsip dasar seni dan desain yang memiliki metode atau kaidah-kaidah dalam mewujudkan interpretasi keindahan terhadap karya seni rupa. Terdapat cara pandang yang kurang tepat di masyarakat kita, bahwa untuk berkarya seni rupa atau desain, seorang siswa akan bisa dengan sendirinya berdasarkan bakat alam yang dimilikinya.

Cara pandang seperti ini telah ditinggalkan sejak setengah abad lampau. Di negara-negara maju, seorang siswa yang memiliki minat dalam dirinya untuk mengembangkan dunia kesenirupaan harus terlebih dahulu menguasai ilmu dasarnya agar hasilnya lebih optimal. Ilmu dasar tersebut diantaranya menguasai teknik rupa dasar dan kemahiran menggambar.

Mata Kuliah Rupa Dasar atau Nirmana menjadi dasar pokok keilmuan seni rupa karena di dalamnya mencakup prinsip-prinsip dasar seni dan desain yang memiliki metode atau kaidah-kaidah dalam mewujudkan interpretasi keindahan terhadap karya seni rupa. Dengan memperhatikan prinsip dasar seni rupa dan desain seperti yang diuraikan secara terstruktur dan sistematis (ilmiah) dalam buku ini maka keilmuan awal atau dasar untuk mengapresiasi suatu karya seni dapat diperoleh. Buku ini dirancang sebagai buku pendamping baik secara teoritis maupun praktik dalam memandu penguasaan kompetensi Mata kuliah Rupa Dasar (Nirmana 2D dan 3D).


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
Rupa Dasar (Nirmana): Asas dan Prinsip Dasar Seni Visual
No. Panggil
701.8 Hus R
Penerbit
Yogyakarta : Andi Offset.,
Deskripsi Fisik
xxiv+280 hlm; 16 x 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-01-0228-8
Klasifikasi
701.8 Hus R
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi I
Subjek
Info Detail Spesifik
Semua Prodi
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar