Text
Metodologi Penelitian Penciptaan Karya
Banyak perdebatan mengenai penciptaan karya seni dianggap bukan proses ilmiah, kalau hal ini dianggap tidak ilmiah apalah artinya adanya sekolah SMK (SMKI, SMSR) dan perguruan tinggi seni. Tolak ukur keilmuan suatu bidang yakni adanya lembaga pendidikan tersebut. Dari perdebatan panjang mengenai permasalahan hal tersebut, buku ini berusaha menjawab semua itu dengan menyampaikan dua jenis karakteristik penelitian praktik penciptaan seni Practice-led Research dan Practice-based Research.
Otonomi di bidang pendidikan memberikan kesempatan dan wewenang untuk melakukan berbagai kreativitas dan inovasi dalam melakukan pengembangan ilmu dan teknologi dalam berbagai sektor atau bidang ilmu. Difusi dan inovasi yang tepat, efektif dan efisien membutuhkan kajian yang bersifat teoritis dan praktis melalui penelitian. Penelitian akan memberikan deskripsi, eksplanasi, prediksi, inovasi dan juga dasar-dasar teoritis bagi pengembangan ilmu baik secara teoritis maupun praktis.
Pembahasan buku ini dikemas dengan menyampaikan contoh ringkasan hasil penelitian praktik penciptaan karya Seni Kriya dan Desain Produk non Manufaktur, serta artefak budaya. Adapun tujuan dan sasaran dari buku ini diperuntukan bagi para mahasiswa di lingkungan bidang Seni pada umumnya dan khususnya bagi mahasiswa Seni Rupa, Kriya dan Desain D3, D4 dan S1 Basis penciptaan Karya. Namun demikian buku ini juga dapat dijadikan sebagai bahan diskusi bagi para dosen yang mengampu Mata Kuliah Metode Penelitian di lingkungan bidang Seni pada umumnya.
BK8451 | 001.42 HUS m | Ruang Utama Perpustakaan | Tersedia |
BK8452 | 001.42 HUS m | Ruang Utama Perpustakaan | Tersedia |
BK8453 | 001.42 HUS m | Ruang Utama Perpustakaan | Tersedia |
BK8454 | 001.42 HUS m | Ruang Utama Perpustakaan | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain