No image available for this title

Text

Metodologi Penelitian Penciptaan Karya


Banyak perdebatan mengenai penciptaan karya seni dianggap bukan proses ilmiah, kalau hal ini dianggap tidak ilmiah apalah artinya adanya sekolah SMK (SMKI, SMSR) dan perguruan tinggi seni. Tolak ukur keilmuan suatu bidang yakni adanya lembaga pendidikan tersebut. Dari perdebatan panjang mengenai permasalahan hal tersebut, buku ini berusaha menjawab semua itu dengan menyampaikan dua jenis karakteristik penelitian praktik penciptaan seni Practice-led Research dan Practice-based Research.

Otonomi di bidang pendidikan memberikan kesempatan dan wewenang untuk melakukan berbagai kreativitas dan inovasi dalam melakukan pengembangan ilmu dan teknologi dalam berbagai sektor atau bidang ilmu. Difusi dan inovasi yang tepat, efektif dan efisien membutuhkan kajian yang bersifat teoritis dan praktis melalui penelitian. Penelitian akan memberikan deskripsi, eksplanasi, prediksi, inovasi dan juga dasar-dasar teoritis bagi pengembangan ilmu baik secara teoritis maupun praktis.

Pembahasan buku ini dikemas dengan menyampaikan contoh ringkasan hasil penelitian praktik penciptaan karya Seni Kriya dan Desain Produk non Manufaktur, serta artefak budaya. Adapun tujuan dan sasaran dari buku ini diperuntukan bagi para mahasiswa di lingkungan bidang Seni pada umumnya dan khususnya bagi mahasiswa Seni Rupa, Kriya dan Desain D3, D4 dan S1 Basis penciptaan Karya. Namun demikian buku ini juga dapat dijadikan sebagai bahan diskusi bagi para dosen yang mengampu Mata Kuliah Metode Penelitian di lingkungan bidang Seni pada umumnya.


Ketersediaan
BK8451001.42 HUS mRuang Utama PerpustakaanTersedia
BK8452001.42 HUS mRuang Utama PerpustakaanTersedia
BK8453001.42 HUS mRuang Utama PerpustakaanTersedia
BK8454001.42 HUS mRuang Utama PerpustakaanTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
001.42 HUS m
Penerbit
Yogyakarta : Andi Offset.,
Deskripsi Fisik
hlm xvi + 240 ; 16 x 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-01-1894-4
Klasifikasi
001.42 HUS m
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi Revisi
Subjek
Info Detail Spesifik
Semua Prodi
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar