Text
Fenomena Byod Sebagai Dasar Pengembangan Tas Kantor Wanita Di Gozzo Leather Bag, Yogyakarta
Gozzo Leather Bag merupakan salah satu produsen tas kulit di Yogyakarta. Dalam mengembangkan produknya Gozzo Leather Bag menyesuaikan dengan kebutuhan dari target yang dituju. Salah satu target yang dituju oleh Gozzo Leather Bag adalah pekerja kantor wanita. Kebutuhan pekerja kantor wanita salah satunya adalah membawa gawai seperti laptop, tablet, dan handphone untuk bekerja. Hal tersebut sesuai dengan fenomena yang ada, yaitu fenomena BYOD atau Bring Your Own Device. Fenomena BYOD mengarahkan Gozzo Leather Bag untuk mengembangkan produknya lagi agar lebih sesuai dengan kebutuhan pekerja kantor wanita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan tas kantor wanita di Gozzo Leather Bag dengan adanya Fenomena BYOD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Problem Solving oleh Vijay Kumar. Pendekatan teori Vijay Kumar meliputi tahapan Sense Intent, Know Context, Know People, Frame Insight, Explore Concepts, Frame Solutions, dan Realize Offerings. Dari ketujuh tahapan tersebut didapatkan informasi terkait pekerja wanita. Informasi tersebut meliputi kegiatan pekerja wanita, kendaraan yang digunakan untuk bekerja, posisi bekerja, dan alat yang digunakan untuk membawa barang saat bekerja. Selain itu juga didapatkan poin-poin ide dari brainstorming yang telah dilakukan. Kemudian dilanjutkan pada analisis tema yang diusung dan pembuatan sketsa kasar hingga evaluasi desain. Desain yang telah dievaluasi kemudian diwujudkan dalam bentuk sampel.
Kata Kunci: BYOD, Tas Kantor, Wanita
317002250 | 40 TPPK 2021 c.1 | Ruang Karya Ilmiah | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain