Text
Optimalisasi Kekerasan pada Vulkanisat Kompon Tread Ban Sepeda Motor Ditinjau dari Aspek Kualitatif Material di PT Suryaraya Rubberindo Industries
Peningkatan penggunaan sepeda motor di Indonesia menyebabkan terbukanya peluang pada industri penyusunnya, salah satunya yaitu ban motor. Tread merupakan bagian terluar dari ban yang harus mencapai pada standar pengujian. Salah satu standar yang harus dicapai yaitu kekerasan. Upaya untuk mendapatkan kekerasan yang optimal pada vulkanisat kompon tread ban dapat ditinjau dari sisi kualitatif material, komposisi material, dan kondisi operasi standar yang digunakan. Batasan masalah dalam Tugas Akhir yaitu pada jenis material ditinjau dari aspek kualitatif yang mempengaruhi kekerasan pada vulkanisat kompon tread ban sepeda motor. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini yaitu untuk mempelajari material yang dapat mempengaruhi kekerasan dan upaya untuk mendapatkan kekerasan yang optimal pada tread ban ditinjau dari aspek kualitatif material. Kekerasan yang kurang atau berlebih dapat berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan. Nilai optimal kekerasan yang harus dicapai oleh tread ban yaitu 58-63 Shore A. Kekerasan pada tread ban dapat ditinjau dari aspek kualitatif material yang digunakan seperi karet, filler, bahan pemvulkanisasi, dan plasticizer. Peningkatan nilai kekerasan dapat dilakukan dengan menambahkan komposisi karet NR, filler carbon black dengan ukuran partikel kecil, menggunakan sistem vulkanisasi semi efisien, serta plasticizer petroleum aromatik. Pengurangan nilai kekerasan dapat dilakukan dengan menambahkan komposisi karet IIR, filler carbon black dengan ukuran partikel lebih besar, menggunakan sistem vulkanisasi konvensional, serta plasticizer petroleum parafinik.
Kata Kunci: tread ban, kekerasan, pengoptimalan kekerasan
317001712 | 15 TPKP 2020 c.1 | Ruang Karya Ilmiah | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain